Senin, 27 Maret 2017

Jenis-Jenis Pestisida

Sumber Gambar : Google


Pestisida atau racun pembasmi hama secara umum diklasifikasikan kedalam beberapa jenis. Jenis-jenis pestisida tersebut dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kelompok, yaitu dapat berdasarkan asal/atau cara pembuatan, berdasarkan organisme target, berdasarkan struktur kimia, dan berdasarkan mekanisme kerja atau toksisitasnya.

Jenis Pestisida Berdasarkan Asal/Cara Pembuatan
Berdasarkan asal/cara pembuatannya, pestisida dikelompokkan dalam dua jenis, yaitu sintesis dan nabati. Pestisida sintesis adalah salah satu jenis pestisida berdasarkan cara pembuatannya dimana bahan aktif yang terkandung didalamnya diperoleh dari hasil sintetis atau pembuatan. Pestisida nabati adalah jenis pestisida berdasarkan cara pembuatannya dimana bahan aktif yang terkandung didalamnya berasal dari alam secara alami, seperti nikotin dari daun tembakau.

Jenis Pestisida Berdasarkan Organisme Target
Organisme target yang dimaksudkan dalam hal ini adalah makhluk hidup yang dianggap sebagai hama dan menjadi sasaran dari zat aktif/racun pestisida. Beberapa jenis pestisida berdasarkan organisme target ini antara lain: insektisida (serangga), herbisida (gulma) rodentisida (hewan pengerat), fungisida (jamur), fungisida, algasida, avisida, akarisida, bakterisida, larvasida, molusksida, nematisida, ovisida, pedukulisida, piscisida, predisida, dan termisida.

Jenis Pestisida Berdasarkan Struktur Kimia
Berdasarakan struktur kimia zat aktifnya, pestisida dikelompokkan dalam 2 jenis, yaitu pestisida anorganik dan pestisida organik. Dalam refensi lain juga disebutkan berdasarkan struktur kimianya pestisida dikelompokkan dalam golongan senyawa organoklorin, organofosfat, karbamat, piretroid, dll.

Jenis  Pestisida Berdasarkan Mekanisme Dan/Atau Toksisitasnya
Berdasarkan cara kerja dan atau toksisitas racunnya, pestisida dikelompokkan kedalam beberapa jenis, diantaranya adalah racun sistemik dan racun kontak.

Seringkali istilah-istilah dari jenis-jenis pestisida ini membuat orang salah mengartikan, seperti pemahaman insektisida yang berbeda dengan pestisida. Padahal insektisida adalah pestisida. Insektisida adalah jenis pestisida berdasarkan organisme target.

Referensi
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Soemirat, J.,2003, Toksikologi Lingkungan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press


Load disqus comments

0 komentar