2 Cara Pemijahan Atau Pembenihan Ikan Lele

gambar: Pemijahan Ikan Lele alami
Secara umum ada 2 teknik atau cara pemijahan (pembiakan) yang dapat ditempuh dalam pembenihan ikan lele (pemijahan cara alami dan buatan). Pembibitan atau produksi bibit/benih lele sangat diperlukan dalam budidaya ikan ini. Pemijahan ikan lele dapat dilakukan secara alami dan buatan atau secara intensif.  Saat ini kedua metode pemijahan ikan lele tersebut telah banyak mengalami perkembangan, baik media kolam yang digunakan seperti penggunaan kolam terpal, sampai jenis pakan larva ikan lele, baik pakan yang alami ataupun pakan larva pabrik an atau buatan. Untuk jenis pakan larva ikan, silahkan baca di artikel jenis pakan larva ikan lele. Namun dalam perkembangannya ini, istilah populer yang masih digunakan dalam pemijahan lele adalah pemijahan secara alami dan pemijahan secara buatan atau sering juga disebut secara intensif.

Pemijahan Lele Secara Alami
Pemijahan ikan lele secara alami dikenal juga dengan sebutan cara tradisional. Pada metode/cara pemijahan alami ini campur tangan manusia hanya berkisar dilingkungan eksternal seperti pemilihan indukan, penyiapan media kolam. Pelepasan indukan, pengambilan indukan dan hal pendukung lainnya. Pemijahan ikan lele secara alami dilakukan dilakukan dengan cara yang cukup sederhana yaitu melepaskan indukan lele berpasangan kedalam kolam pemijahan yang telah dipersiapkan. Induk ikan lele tersebut akan melakukan pembuahan sel telur dan sperma dengan sendirinya. Secara umum cara ini dilakukan dengan melepaskan pasangan ikan lele pada kolam pemijahan pada pagi atau sore hari. Setelah semalam indukan betina akan mengeluarkan telur yang kemudian akan dibuahi oleh pejantan. Telur-telur ikan lele tersebut akan terlihat pada pagi harinya. Selanjutnya indukan diambil lalu dipisahkan pada kolam pemulihan. Untuk langkah secara detailnya dapat anda baca di artikel cara pemijahan lele secara alami atau tradisional.

Pemijahan Lele Secara Buatan atau Intensif
Berbeda dengan pemijahan alami, pemijahan buatan atau intensif butuh intervensi manusia dalam proses pembuahannya. Beberapa cara yang populer dalam pemijahan ikan lele secara buatan yaitu dengan penyuntikan hipotesa, penyuntikan hormon buatan, hingga pembuahan in vitro atau pembuahan dalam tabung yang butuh keterampilan dan ketelitian yang tinggi. 

Pemijahan Alami atau Buatan ?
Jika diberikan pilihan untuk pilih membiakkan ikan lele secara alami atau buatan, saya akan memilih pembenihan alami atau tradisional. Hal ini didasarkan cara pembibitan alami ini relatif lebih mudah dengan kebutuhan perlengkapan/peralatan yang sangat sederhana. Hal lain yang membuat saya memilih memijahkan secara alami adalah karna saya belum berpengalaman dengan teknik buatan/intensif, dan teknik ini di kepala saya rasanya susah. Hal lainnya lagi karena saya pemula jadi teknik pembenihan secara alami saya rasa lebih tepat. Jika anda pemula dan ingin mencoba melakukan pemijahan secara alami dan memiliki pertanyaan, bisa bertukar pengetahuan dengan saya melalui twitter. Silahkan follow/mention saya di @raputradika.

0 Response to "2 Cara Pemijahan Atau Pembenihan Ikan Lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel